Tugas Akhir
Self Organizing Map (Som) Dalam Penentuan Prioritas Pembangunan Daerah
Kata Kunci: pembangunan pendidikan, Angka partisipasi Kasar, penentuan RK terhadap siswa, jaringan saraf tiruan self organizing map
Keberhasilan pembangunan pada suatu wilayah ditentukan oleh SDM yang berkualitas. Cara untuk meningkatkan SDM itu sendiri adalah dengan jalan pendidikan. Sehingga peningkatan mutu pendidikan sangat penting dan harus terus diupayakan dimulai dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk untuk mengenyam pendidikan, hingga pada peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan. Untuk mengetahui seberapa banyak penduduk yang memanfaatkan fasilitas pendidikan dapat dilihat dari besarnya persentase penduduk menurut angka partisipasi. Salah satunya Angka Partisipasi Kasar (APK). APK digunakan untuk mengukur keberhasilan program pembangunan pendidikan yang diselenggarakan dalam rangka memperluas kesempatan bagi penduduk untuk mengenyam pendidikan. APK merupakan indikator yang paling sederhana untuk mengukur daya serap penduduk usia sekolah di masing-masing jenjang pendidikan. Segangkan untuk memberikan fasilitas ruang kelas yang efektif digunakan rasio ruang kelas terhadap siswa.
Dalam tugas akhir ini digunakan metode clustering menggunakan algoritma self organizing map dalam mengelompokkan wilayah-wilayah ke dalam asumsi APK sukses, baik, sedang, buruk, serta asumsi Ruang kelas terhadap siswa ideal, sedang, kurang. Kemudian wilayah-wilayah tersebut diurutkan berdasarkan APK yang semakin baik namun rasio ruang kelas terhadap siswa semakin buruk untuk diprioritaskan pembangunannya. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Matlab.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain