Tugas Akhir
Rancang Bangun Game Petualangan ''The Z'' Berbasis Algoritma Chasing Dan Collision Detection Sebagai Media Pengajaran Akhlak Terpuji
Pendidikan akhlak yang kurang membekas di hati anak – anak serta teknologi yang sekarang sudah sangat maju membuat anak – anak menjadi pintar tetapi tanpa diiringi akhlak baik, pendidikan akhlak yang sekarang berjalan pada kenyataannya lebih berbasis teori dari buku sedangkan akhlak anak – anak justru terpengaruh dari tontonan mereka di televisi serta game yang mereka mainkan di smartphone maupun di personal computer (PC). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tentang akhlak terpuji melalui sebuah game yang dirancang mengggunakan metode Prototype yang terdiri dari 7 tahap yaitu tahapan Planning, Analysis terhadap kebutuhan, Design, Implementation Design yang dibuat, System Prototype, Implementation kepada penguji, dan System. Algoritma yang di gunakan dalam game ini adalah algoritma Chahing yaitu algoritma pengejaran serta algoritma Collision Detection yaitu aloritma pemdeteksi tumbukan antara 2 buah object. Gane dibangun menggunakan aplikasi Construct2. pengujian game ini terbagi menjadi 2 tahap yaitu pengujian alpha dan pengujian beta, pengujian alpha dilakukan oleh tim ahli media, sedangkan penelitian beta dilakukan oleh 40 pengguna yang mencoba memainkan game kemudian mengisi kuisioner, yang kemudian dihitung menggunakan skala likert. Hasil dari pengujian alpha menunjukkan bahwa algoritma chasing dan collision detection dapat diterapkan dalam game yang dibangun, sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta menunjukkan bahwa pesan untuk berakhlak baik dapat tersampaikan kepada pengguna melelui game yang dibangun. Hal ini berdasarkan jawaban pengguna pada kuisioner soal nomor 9.
Kata kunci: Akhlak Baik, Chasing, Collision Detection, Construct 2, Game
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain