Tugas Akhir
Rancang Bangun Evalution System Berbasis Fisher Yates Suffle Sebagai Alat Bantu Penilaian Pada Game Temtik
ABSTRAKSI
Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) Mengembangkan aplikasi game tematik menggunakan metode Fisher-Yates sebagai metode pengacakan dalam kemunculan soal secara terkomputerisasi. Adapun pengertian metode fisher Yates adalah algoritma yang digunakan untuk mengcak suatu urutan bilangan menjadi bilangan acak atau kemunculan yang tidak sesuai dengan urutannya. Fisher-Yates saat ini telah banyak digunakan dalam proses pengembangan suatu penelitian. Metode pengacakan ini termasuk metode pengacakan yang baik pada pengembangan suatu aplikasi. Implementasi algoritme tersebut di dalam aplikasi ini didasari juga pada masalah yang terjadi sehari-hari, yaitu kurangnya minat anak – anak untuk belajar matematika yang berbasis tematik. Oleh karena itu perlu dibuat sebuah media baru berupa media multimedia yang dapat digunakan untuk membantu penyampaian proses belajar siswa dan memunculkan minat belajar terhadap matematika berbasis tematik.. Berdasarkan dari hasil pengujian dengan persentase tingkat aplikasi dapat dengan mudah digunakan dengan perolehan persentase mencapai 67,5 % dan kepuasan penggunaanya mencapai 61,24 %.
Kata kunci :Game tematik, matematika, tematik, Fisher-Yates
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain