Skripsi
kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif siswa mi ma'arif lebak kecamatan kaliwiro kabupaten wonosobo tahun pelajaran 2015/2016
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif siswa MI Ma’arif Lebak Tahun Pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui potensi kognitif siswa di MI Ma’arif Lebak Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui apakah kreativitas guru dapat mengembangkan potensi kognitif siswa di MI Ma’arif Lebak Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan dan mengiterpretasikan dengan apa adanya kreativitas guru dalam mengembangkan kognitif siswa MI Ma’arif Lebak Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif dan induktif
Hasil penelitian menunjukkan Kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif peserta didik dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Guru berusaha menguasai ketrampilan mengajar secara utuh yang mencakup; keterampilan bertanya, penguatan, melakukan variasi pembelajaran, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran dengan baik, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas dengan baik, serta mengajar kelompok kecil. Memfasilitasi siswa agar potensi kognitif siswa bisa berkembang dengan baik, MI Ma’arif Lebak menciptakan lingkungan perkembangan yang diharapkan. Potensi kognitif peserta didik kelas MI Ma’arif Lebak yang diukur melalui nilai hasil belajar dari nilai rata-rata rapor kenaikan kelas menunjukkan hasil yang baik. Peserta didik nilainya mencapai bahkan ada melampaui KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Kreativitas guru MI Ma’arif Lebak dalam pembelajaran dapat mengembangkan potensi kognitif peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar yang baik, dengan kata lain semakin guru kreatif dalam pembelajaran akan semakin berkembang potensi kognitif peserta didik.
Kata Kunci: Kreativitas, Guru, Kognitif
ABSTRACT
SITI ALFIFAH (NIM: 2015030136) Thesis: Teacher’s Creativity In Developing Cognitive Potential Students of MI Ma'arif Kaliwiro Lebak District Wonosobo Academic Year 2015/2016, in primary, FITK UNSIQ in Wonosobo, Central Java, 2016
The purpose of this study was to determine teachers' creativity in developing the cognitive potential of students MI Ma'Arif Lebak Academic Year 2015/2016, to determine the cognitive potential of students in MI Ma'Arif Lebak Academic Year 2015/2016 and to determine whether the creativity of teachers can develop cognitive potential MI students in Lebak Maarif School Year 2015/2016.
This study is a qualitative descriptive research that aims to describe and mengiterpretasikan with what their teachers 'creativity in developing students' cognitive MI Ma'arif Lebak in academic year 2015/2016. Data analysis technique used is descriptive and inductive.
The results showed creativity of teachers in developing certain cognitive potential learners do the steps as follows: Teachers are trying to master teaching skills as a whole that includes; questioning skills, strengthening, doing variations of learning, explained, opening and closing the lesson well, guide small group discussions, manage the class well, as well as small group teaching. Facilitate students so that the students' cognitive potential can develop well, MI Ma'arif Lebak create development environment is expected. Cognitive potential learners class MI Ma'arif Lebak as measured by the value of the learning outcomes of the average value of the increase in grade report card showed good results. Learners value reached last even beyond the predetermined is 75. Creativity MI Ma'arif Lebak teacher in learning can develop cognitive potential learners. It can be seen from the results of good learning, in other words more creative teacher in learning will further develop the cognitive potential of the learner.
Keywords: Creativity, Teacher, Cognitive
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan pertolongann-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun manusia menuju jalan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Sebuah kebahagiaan yang tidak terkira manakala penulis berhasil menuliskan pengantar ini sebagai tanda selesainya skripsi yang sekian lama tertunda disela-sela aktivitas. Oleh karenanya sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan yang mendalam, sudah sepatut dan selayaknya untuk menghaturkan ungkapan terima kasih atas dorongan dan bantuan yang tak kenal pamrih, nasehat, bantuan moral dan material yang telah diberikan oleh banyak pihak. Kiranya tidak berlebihan apabila dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Drs. KH. Muchotob Hamzah, MM selaku Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo
2. Bapak Fatkhurrohman, S.Ag., M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo
3. Bapak Nasokha,alh, M.Ag selaku Kaprodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo sekaligus pembimbing kedua.
4. Bapak H. Ahmad Zuhdi, M.Ag selaku dosen pembimbing yang telah berkenan membimbing penulis hingga menyelesaikan skripsi ini.
5. Bapak Suroso, S.Pd.I selaku Kepala MI Ma’arif Lebak yang telah mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian di sekolah yang Bapak pimpin.
6. Bapak dan Ibu Dosen Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo yang telah membimbing dan memberikan ilmu kepada penulis
7. Suami tercinta Basuki Rahmat pendamping setia hidupku dalam suka maupun duka
8. Ayahanda H. M. Muslih, S.Ag dan Bunda tercinta Jumini atas semua doa dan bimbingannya
9. Anakku Revan Ahmad Ardhan buah hati dan motivator hidupku
10. Semua pihak yang telah ikut berjasa dalam penulisan skripsi ini yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu.
Pada mereka semua penulis tidak dapat memberikan apa-apa selain untaian rasa terima kasih yang tulus dengan diiringi do’a semoga Allah SWT membalas amal kebaikan mereka dengan sebaik-baik balasan.
Penulis menyadari kebenaran dan kesempurnaan telah penulis usahakan semaksimal mungkin, namun demikian secara objektif penulis merasa bahwa skripsi ini jauh dari sempurna. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Amin Ya Rabbal ’Alamin.
Wonosobo, 15 November 2016
Penulis
SITI ALFIFAH
NIM. 2015030136
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain