Skripsi
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pokok Bahasan Sholat Subuh Melalui Pendekatan Tutor Sebaya Siswa Kelas V Mi Ma'arif Ngalian Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar Fiqih pokok bahasan Sholat Subuh dengan pendekatan tutor sebaya kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun Pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Subuh dengan pendekatan tutor sebaya kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Subuh dengan pendekatan tutor sebaya kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun Pelajaran 2015/2016 dan bagaimana solusinya.
Jenis Penelitian ini diskriptif dengan pendekatan kualitatif lapangan dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian misalnya perilaku, peresepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata atau bahasa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi data yaitu reduksi data, display data dan verifikasidata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan tutor sebaya di kelas V yang pertama dilakukan oleh guru PAI di MI Ma’arif Ngalian terdiri dari tiga proses yaitu: Perencanaan: Dalam perencanaan ini guru membuat rencana program pembelajaran. Pelaksanaan yaitu Pembelajaran ini sangat menekankan keaktifan siswa selama menyampaikan materi pelajaran kepada teman-temannya. Sehingga jika siswa dapat membantu teman-temannya menyampaikan materi dengan baik diharapkan hasil belajar fiqih yang akan dicapai akan lebih meningkat. Dan evaluasi: Untuk mengetahui efektif tidaknya suatu strategi yang diterapkan guru di MI Ma’arif Ngalian menggunakan alat evaluasi berupa tes tulis, penilaian proses dan praktek. Faktor pendukung dalam pembelajaran fiqih dengan pendekatan tutor sebaya antara lain, sarana dan prasarana yang ada, tenaga pendidik dan kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran, kesiapan belajar siswa. Sedangkan faktor penghambatnya, alokasi waktu yang minim, guru kurang maksimal dalam menggunakan strategi pembelajaran, iklim di sekolah.. Guru mempunyai peran yang sangat penting dan harus memiliki berbagai macam kemampuan diantaranya memilih pendekatan belajar mengajar yang tepat. Dalam hal ini proses pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Ngalian menerapkan Pendekatan Tutor sebaya. Pedekatan tutor sebaya diterapkan dalam pembelajaran fiqih, hal ini membawa dampak yang sangat baik bagi guru sekaligus siswa.
Kata Kunci: Prestasi, Belajar, Tutor Sebaya
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain