Skripsi
Pemahaman Dan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Jasmani Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengatahui pemahaman dan penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui interaksi social antar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman dan penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani terhadap interaksi social antar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu jenis data yang diukur secara langsung atau lebih tepatnya dapat dihitung dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, observasi dan angket .
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa pemahaman dan penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebesar 49,36 hal ini berarti bahwa pemahaman dan nilai pendidikan jasmani siswa kelas V MIN Wiramastra Kecamatan Bawang Banjarnegara tahun pelajaran 2016/2017 adalah Cukup, yaitu pada interval 49-53. (2) Bahwa interaksi social antar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebesar 54,06. Hal ini berarti bahwa interkasi sosial siswa kelas V MIN Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah Cukup, yaitu pada interval 48-52. (3) Bahwa pengaruh pemahaman dan penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani terhadap interaksi social antar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wiramastra Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun Pelajaran 2016/2017 adalah dari hasil uji pengaruh produc moment diketahui bahwa rxy = 0,933333 > rt = 0,05 (0,423) dan rxy = 0,933333 > rt = 0,01 (0,537) Dengan rxy > rt (0,05 dan 0,01), berarti signifikan dan hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman dan penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani berpengaruh terhadap interaksi social antar siswa kelas V MI Negeri Wiramastra Kecamatan Bawang kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2016/2017 diterima.
Kata Kunci : pendidikan jasmani, interaksi sosial, siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain