UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi dampak media televisi terhadap akhlak peserta didik di SMP Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016

Nony Suryani - Nama Orang;

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dampak media televise terhadap akhlak peserta didik SMP Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi dampak media televise terhadap akhlak peserta didik SMP Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi dampak media televise terhadap akhlak peserta didik SMP Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016. (4) Untuk mengetahui solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi dampak media televise terhadap akhlak peserta didik SMP Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data dekriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Dampak dari tayangan media televisi adalah (a) Dampak tayangan televisi yang mendidik diantaranya adalah: Mengajari anak berperilaku baik, menjadi anak yang patuh terhadap orang tua, menjadi anak yang rajin belajar agar impiannya di masa mendatang akan terwujud, tidak menjadi anak yang tampil apa adanya, tidak sok kaya, dan lain-lain. (b) Dampak negatif pada tayangan televisi yang kurang mendidik diantaranya adalah : Menjadi anak yang malas belajar, mengikuti gaya anak dalam tayangan televisi, misalnya memakai accsessoris yang tidak pantas digunakan pada waktu sekolah, berani melawan orang tua dan guru, menjadi anak yang sok kaya, malas belajar, sok jagoaan dan lain-lain, Kemudian daripada itu, sedikit-demi sedikit dapat merusak moralitas penerus bangsa. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi dampak negatif media televisi terhadap akhlak peserta didik. (a) Upaya yang dilakukan guru dengan senantiasa menumbuhkan akhlakul karimah dan selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Untuk mendalami serta mengembangkan ajaran akhlak yang terdapat di dalam Al Qur’an dan Sunnah agar manusia (muslim) dapat bersikap, berbudi pekerti dan bertingkah laku seperti yang ditetapkan dalam kedua sumber ajaran Islam tersebut. (b) Akhlak Islami menjamin kebaikan untuk seluruh umat manusia. Baik segala zaman, semua tempat, mudah, tidak mengandung kesulitan tidak mengandung perintah berat yang tidak dikerjakan oleh umat manusia di luar kemampuannya. Islam menciptakan Akhlak yang mulia, sehingga dapat dirasakan sesuai dengan jiwa manusia dan dapat diterima akal yang sehat. (c) Guru menumbuhkan dalam diri siswa untuk bersikap ridho, optimis, percaya diri, menguasai emosi, tahan menderita dan sabar. (d) Guru membimbing siswa berperilaku kearah yang sehat yang dapat membantu memilih alternatif perilaku yang akan membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi siswa dalam menentukan pemilihannya berinteraksi sosial yang baik, suka menolong, sayang kepada yang lemah dan menghargai orang lain. (3) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi dampak negatif perkembangan media televisi terhadap akhlak peserta didik (a) Terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah untuk mengawasi siswa, karena apabila dirumah sudah menjadi tanggung jawab orang tua (b) Kurangnya kesadaran para siswa akan dampak negative media televisi terhadap akhlak peserta didik, sehingga apabila di sekolah mentaati peraturan dan apabila keluar dari lingkungan sekolah bebas bermain dengan teknologi. (c) Dampak tayangan televise yang kurang mendidik merupakan dampak yang tidak baik bagi anak-anak, karena secara tidak langsung memberikan contoh yang kurang baik sehingga dikhawatirkan anak-anak akan meniru. (4) Solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi dampak negatif media televisi terhadap akhlak peserta didik (a) Pihak sekolah khususnya guru pendidikan agama senantiasa memberikan pendidikan kesadaran dan memberikan nasehat serta tauladan di sekolah, guna berhasilnya upaya guru dalam menanggulangi dampak negatif media televisi terhadap akhlak peserta didik di sekolah. (b) Meningkatkan kesadaran para siswa, langkah guru dalam menanggulanginya dengan kerjasama dengan pihak sekolah dan komite sekolah untuk melaksanakan program pengawasan. (c) Menghimbau untuk mengurangi menonton televisi. Peran orang tua dalam lingkungan keluarga diharapkan mendukung untuk mengurangi menonton televisi. Pihak sekolah menekankan untuk melakukan shalat tepat waktu itu yang paling baik.
















Kata Kunci : upaya guru Pendidikan Agama Islam, media televisi, akhlak


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4180 NON u
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Media televisi
Akhlak peserta didik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nony Suryani
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?