UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Implementasi Model Pembelajaran Generatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Studi Kasus Glb Dan Glbb Ditinjau Dari Keaktifan Siswa

Siti Markhamah - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif (2) perbedaan keaktifan siswa yang tinggi dan rendah dengan menggunakan model pembelajaran generatif , (3) Mengetahui interaksi pembelajaran generatif dilihat dari keaktifan siswa.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa kelompok kontrol dan kelompokdiberikan angket keaktifan siswa. Selanjutnya siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran generatif, sedangkan pada kelompok kontrol diberikan pembelajaran dengan metode konvensional. Kemudian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhir berupa tes hasil belajar siswa. Hasil kedua data tersebut dipakai sebagai data hasil penelitian yang kemudian diolah dan dibandingkan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berkaitan hal tersebut dapat dilihat perbedaan penelitian antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Ma’arif 02 Bruno tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 253 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Dari populasi yang diperoleh sampel penelitian 54 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VII A siswa sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1) hipotesis pertama dengan menggunakan anava dua jalan diperoleh bahwa FA=4,03, FB=113,52, FAB= 4,06. Harga F tabel pada taraf signifikan 5% dengan dkA= 1 dkB= 1 dkAB=1 dan derajat kebebasan galat (error)= 31,8366 , atau F(0,05,1,54) diperoleh harga. FA= 4,09 ≥ F(0,05,1,54)=4,03, maka H0A ditolak, ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa penggunaan model pembelajaran generatif. 2) hipotesis kedua FB=113,52 ≥ F(0,05,1,54)= 4,03, maka H0B ditolak. Yang menunjukan ada perbedaan keaktifan siswa yang tinggi dan yang rendah terhadap hasil belajar siswa. 3) hipotesis ketiga FAB= 4,06 ≥ F(0,05,1,54)= 4,03, maka H0AB ditolak. Yang menunjukkan adanya interaksi dengan menggunakan pembelajaran generatif dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan anava dua jalandiperoleh bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA fisika. Sedangkan hipotesis kedua diperoleh adanya perbedaan pengaruh keaktifan siswayang tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa. Pada pengujian hipotesis yang ketiga diperoleh adanya interaksi antara penggunaan model pembelajaran generatif dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA fisika. Sehingga penggunaan model pembelajaran generatif akan memberikan hasil yang lebihbaik dengan didukung oleh keaktifan siswa yang tinggi, sehingga kombinasi ini akan memberikan hasil yang paling baik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA fisika


Kata Kunci : Pembelajaran Generatif, Keaktifan belajar siswa, Hasil Belajar Siswa
 


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4182 SIT i
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran generatif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Siti Markhamah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?