Skripsi
Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa-Siswi Di Kelas Vii Mts An-Nuur Kalierang Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Optimalnya Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam PembinaanAkhlakul karimah, dalam kegiatan pembelajaran dan praktek adalah harapan finaldi dunia pendidikan khususnya pendidikan agama Islam. Namun pada kenyataannya peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlakul karimah siswa-siswi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Demikian halnya dalam upaya penerapan akhlakul karimah kepada siswa. Oleh karena itu, harus dikaji lebih lanjut bagaimana strategi yang tepat agar pembinaan akhlakul karimah tersebut dapat diterapkan dengan baik dan terukur guna mencapai tujuan siswa-siswi yang berakhlakul karimah, sehingga siswa tidak hanya pintar dari segi materi, akan tetapi mereka juga bisa mengamalkan akhlakul karimah yang terkandung dalam Al-Qur’an dan diterapkan dikehidupan sehari-hari.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran secara individual maupun kelompok. Pada prinsipnya penelitian kualitatif ini mengunakanobservasi, wawancara, dokumentasi, peneliti harus terjun langsung menjadi partisipan aktif bersama responden. Penelitian kualitatif ini digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi di balik fenomena yang kadangkala merupakan sesuatu yang sulit untuk diketahui dan dipahami, penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan penjelasan secara utuh dan terperinci tentang fenomena yang merjadi fokus penelitian yakni “StrategiGuru Aqidah AkhlakDalam Pembinaan Akhlakul Karimah siswa di kelas VII MTs AN-Nuur kalierang”dan masalah yang diteliti adalah : 1.Bagaimana keadaan Akhlak siswa di MTs AN-nuur kalierang 2.Bagaimana Strategi guru Aqidah Akhlakdi MTs AN-nuur kalierang dalam pembinaan akhlakul Karimah terhadap siswa. 3.Faktor-faktor apa saja yang menghambat pembinaan akhlakul Karimah yang di lakukan oleh guru Aqidah Akhlakdi MTs AN-nuur kalierang.
Dari hasil kajian skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Keadaan akhlak siswa-siswi kelas VII di MTs AN-nuur kalierang padaumumnya sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yangmasih mempunyai akhlak kurang baik, diantaranya: dalam beribcara dengan teman, guru masih kurang jujur dan kurang amanah. Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam memajukan sikap kejujuran dan amanah dengan Pembinaan akhlakul karimah sudah berjalan dengan cukup baik walaupun masih ada hambatan yaitu Pihak guruAqidah Akhlakdan rekan guru tidak bisa memantau secara langsung keseharian siswa-siswinya di luar sekolah Kususnya siswa yang tidak berada di asrama.Faktor penghambat Kurangnya kesadaran siswa yang tumbuh dari dalam diri siswa untuk selalu melaksanakan perbuatan yang terpuji dalam kehidupannya.
Kata kunci : Guru Aqidah akhlak, Akhlakul Karimah,Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain