Skripsi
Efektifitas Penerapan Metode Paikem Dalam Pembangunan Karakter Siswa Smp Negeri 1 Mojotengah Tahun 2015/2016
Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru dalam menjalankan fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai tujuan. Merupakan cara atau tahnik yang digunakan dalam proses pembelajaran yang berlangsung didalam kelas yang mengedepankan pembelajaran yang aktif, inofatif ,kreatif, dan menyenangkan hal ini disesuaikan dengan kebutuhan kelas.Dalam suasana pembelajaran yang seperti itu siswa tidak terbebani secara perseorangan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam belajar tetapi mereka saling bertanya ,berdiskusi,sehingga beban belajar mereka sama sekali tidak terjadi. Dengan strategi pembelajaran yang aktif ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang segala potensi yang ,mereka miliki dan pada akhirnya dapat mengoptimalkan hasil belajar mereka.
Karakter berasal dari bahasa latin’’kharakter’’, ‘’kharasein’’, ‘’kharax’’, dalam bahasa inggris ;characterdan Indonesia ‘’karakter’’, yunani character dar icharasein yang berarti membuat ,tajam ,membuat dalam. Dalam kamus poerwadarminta ,karakter diartikan sebagai tabiat , watak,sifat-sifat kejiwaan , akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain. Nama dari jumlah seluruh ciri pribadi yang meliputi hal-hal seperti perilaku ,kebiasaan, kesukaan, ketidaksukaan, kemampuan , kecenderungan, potensi , nilai-nilai, dan pola pemikiran.
pendidikan karakter adalah upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk mengembangkan karakter yang baik(good character) berdasarkan kebajikan – kebajikan inti ( core virtues) yang secara objektif baik bagi individu maupaun masyarakat.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran , paikem, Pendidikan karakter.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain