UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penerapan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan kerjasama siswa materi gerak kelas VII semester II SMP Negeri 2 Kejajar tahun pelajaran 2014/2015

Rihul Aini - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan kerjasama siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kejajar pada materi gerak dengan menerapakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga.Populasi penelitian adalah semua kelas VII yang berjumlah 60 siswa.Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Metode test digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampila berpikir siswa. Dalam penelitian ini terdapat 2 angket yang digunakan yaitu untuk mengukur nilai kerjasama antarsiswa dalam kelompok, dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran ular tangga yang telah diterapkan di kelas.
Hasil analisis akhir menggunakan uji t-test dan uji N-gain. Dari hasil analisis uji t-test dengan membandingkan data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hargat_hitung=2,19. Sedangkan harga t_tabelpada taraf signifikasi 5% sebesar t_tabel=2,042. Dengan demikian harga t_hitung>t_tabel (2.19>2.042) sehingga dapat dinyatakan bahwapembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa pada materi gerak kelas VII semester II SMP Negeri 2 Kejajar tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil uji N-gain dengan membandingkan data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai N-gain kelas ekperimen sebesar 0,56 dan nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,47. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tingkat keberhasilan penerapan media pembelajaran ular tangga pada kelas eksperimen dengan penerapan media konvensional pada kelas kontrol adalah sedang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga, Keterampilan Berpikir, Kerjasama Siswa, Materi Gerak


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4089 RIH p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Media pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rihul Aini
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?