Skripsi
Implementasi Managemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 4 Kaliwiro
Untukmeningkatkanmutupendidikan,diperlukan peningkatandan penyempurnaandalampendidikan,yangberkaitaneratdenganpeningkatan mutu Pembelajaransecaraoperasional yangberlangsungdidalam kelas.Olehkarenaitu, diperlukanManajemen kelas yang baikagartujuanpembelajarandapat tercapai.Di samping itu, Pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatifantara gurudengansiswa,sesamasiswamaupundengan sumberbelajar lainnya.Dalam ImplementasiManajemenKelas,gurusebagaipemeranutamayang sangatmenentukanberhasiltidaknyasiswadalam belajar,harussenantiasa memperhatikandanmenciptakansuasanakondusifdidalam kelas.Denganadanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkanmampu dalammenciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalamkelas, khususnya padamateri PAI.
Berpijak dari latar belakang di atas, makapenulisan skripsi ini bertujuan untukmengetahuiImplementasiManajemenKelasdalam PembelajaranPAIdiSMP Negeri 4 KaliwirountukmengetahuiapakahdenganImplentasi Manajemen Kelas dapatmeningkatkan efektifitas Pebelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kaliwiro,danuntukmenemukanfaktor-faktoryangdapat mempengaruhiefektifitaspembelajaranPAIdalam ManajemenKelasdiSMPNegeri 4 Kaliwiro.
Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukanangkadengan tujuan menggambarkan keadaanatau kegiatan yang terjadi di lapangan(fieldresearch)dan dipilih secara sistematis menurutkategorinya denganmenggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahamiolehmasyarakatumum.Penelitimenggunakan purposive sample yang dilakukan dengan caramengambil subyekbukan berdasarkan strata,random ataudaerah,tetapiberdasarkanatastujuantertentudenganmemilih siswa kelas VIII C sebagai sample.
Darihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa:1. Implementasi Manajemen KelasdalamPembelajaranPAIdiSMPNegeri 4 Kaliwiro2.Cara belajarsiswayangaktifdi dalammaupundiluarkelasdancaramengajarguruyang baik denganmenggunakanmetode yang bervariasi serta berusahamenyediakan fasilitas yangmemadaibagi siswauntukmenunjangprestasi dan belajarsiswa.3. Faktor-faktor yang dapatmempengaruhi efektifitasPembelajaranPAIdalam Manajemen Kelas diSMP Negeri 4 Kaliwiro
Kata Kunci: Managemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain