Skripsi
Konsep Musyawarah Dalam Q.S Al-Imron Ayat 159 Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep musyawarah yang terkandung dalam QS. Al-‘Imran ayat 159 dan implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menjelaskan secara rinci mengenai konsep musyawarah dan bagaimana cara mengaplikasikannya ke dalam Pendidikan Agama Islam yaitu meliputi, pengertian, tujuan, metode, dan manfaat dari bermusyawarah baik yang terkandung dalam QS. Al-‘Imran maupun dalam Pendidikan Agama Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelusuran pustaka (library research), dengan mengumpulkan data, karena penulisan ini bersifat kepustakaan atau literatur dan sumber datanya hanya dapat diperoleh dari buku-buku literatur, setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode maudu’i dan metode induktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan dalam pendidikan dan kehidupan bermasyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep musyawarah dalam QS. Al-‘Imran ayat 159 dapat diterapkan dalam Pendidikan Agama Islam dimana sebagai seorang pendidik ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran harus bersikap lemah lembut, menyenangkan untuk anak didiknya, tidak membosankan, menjadi tempat untuk berlindung dan tempat untuk memecahkan masalah. Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, pendidik juga harus melakukan diskusi dengan peserta didiknya apa yang menjadi kendala dan apa yang menjadi keinginan mereka dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Musyawarah, Al-Qur’an surat Al-‘Imran ayat 159, Pendidikan Agama Islam
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain