Skripsi
Implementasi Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas X Man 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembelajaran akidah akhlak di kelas X MAN 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui pengelolaan kelas mata pelajaran akidah di kelas X MAN 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui implementasi strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MAN 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian yang berupaya menggambarkan keadaan suatu obyek penelitian berdasarkan kualitas item yang didapat dalam penelitian dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa dari hasil pengamatan, observasi maupun wawancara dapat dikatakan bahwa pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas X MAN 2 Banjarnegara secara umum dapat dikatakan dalam kondisi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar siswa yang menunjukkan kualitas belajar yang tinggi. (2) Bahwa penerapan dalam keterampilan pengelolaan kelas yang berlangsung di kelas X MAN 2 Banjarnegara bisa dikatakan baik, dimana konsep dalam pengelolan kelas dari ruang lingkupnya harus dikuasai yang meliputi: pengelolan taat ruang kelas, pengelolan waktu, pengelolan materi dan pengelolan yang berkaitan dengan siswa rata-rata sudah diterapkan oleh guru mapel akidah akhlak di kelas X MAN 2 Banjarnegara (3) Bahwa berdasarkan hasil analisis dari ke empat indikator keterampilan pengelolaan kelas tersebut diatas maka dapat dikatakan bahwa rata-rata guru mapel Pendidikan Agama Islam di kelas X MAN 2 Banjarnegara dapat dikatakan mempunyai kualifikasi kompetensi kemampuan pengelolan kelas yang baik.Dengan kemampuan pengelolaan kelas yang baik ini, diharapkan guru dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih baik sehingga dapat mewujudkan merealisasikan cita-cita tujuan pembelajaran akidah akhlak dalam membangun manusia yang beriman dan berilmu pengetahuan serta membentuk manusia yang berakhlakul karimah, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk religius
Kata Kunci : pengelolaan kelas, akidah akhlak, prestasi belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain