Skripsi
Strategi Penerapan Nilai Karakter Sikap Jujur Melalui Kantin Kejujuran Pada Siswa Kelas Ii Mi Cokroaminoto 02 Kebutuhjurang Kecamatan Pegedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Pendidikan agama Islam merupakan realisasi dari cita-cita agama Islam yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan. Tolok ukur keberhasilan pendidikan Islam yakni yang menyakut gejala-gejala batiniah dan gejala lahiriyah yang dimanivestasikan dalam bentuk tingkah laku, sifat jujur, adil dan berakhalkul karimah. MI Cokroaminoto 02 Kebutuhjurang dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa melalui kantin kejujuran. Siswa dibiasakan jujur dalam perkataan dan jujur dalam berbuatan. Siswa dibiasakan untuk berkata jujur sesuai dengan apa yang dialaminya sehingga siswa mendapatkan pendidikan tentang kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Sehingg siswa dibiasakan untuk berkata jujur dalam bentuk apapun dan keadaan bagaimanapun. Selain itu berperilaku jujur dan tegas merupakan target utama dalam pembinaan nilai-nilai kejujuran dalam kehidupannya sehari-hari. Untuk itu siswa sedini mungkin mendapatkan pendidikan agama Islam tentang pentingnya kejujuran dalam kehidupan dimasa yang akan datang. Dengan demikian diharapkan peserta didik tergugah dan membiasakan diri untuk berkata jujur dalam bentuk apapun dan keadaan yang bagaimanapun sehingga terbentuk kepribadian muslim yang sempurna.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien, sehingga hasilnya lebih meningkat. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif artinya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai dari masing-masing variabel, baik satu atau lebih tanpa membuat perbadingan variabel yang satu dengan yang lain. Selanjutnya analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif, data disajikan dalam bentuk narasi dan presentase.
Penanaman nilai karakter sikap jujur melalui kantin kejujuran pada siswa kelas II MI Cokroaminoto 02 Kebutuhjurang sebelumnya dari 18 siswa yang tuntas atau mendapatkan nilai di atas KKM hanya 4 atau 22,22% siswa, setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I ketuntasan belajar (nilai di atas KKM) meningkat menjadi 10 siswa atau 55,56. Selanjutnya pada perbaikan pembelajaran siklus II siswa tuntas atau mendapatkan nilai di atas KKM juga meningkat menjadi 16 siswa atau 88,88%. Peningkatan ini diikuti juga oleh meningkatnya nilai rata-rata kelas, pada pembelajaran sebelumnya nilai rata-rata kelas siswa hanya 65,89 meningkat menjadi 74,78 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 85,22. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti karena melalui kantin kejujuran dapat menanamkan nilai karakter sikap jujur pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto 02 Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara.
Kata Kunci: Nilai Karater Sikap Jujur, Kantin Kejujuran
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain