Skripsi
Nilai-nilai Pendidikan islam dalam gerakan pramuka
Pendidikan pramuka perundang-undangan yang sesuai yang bertujuan untuk membentuk seorang siswa memiliki kepriabdian yang percaya, takut kepada Allah, mulia, bersemangat patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam memelihara dan berlatih Pancasila, dan melestarikan lingkungan. Nilai-nilai pendidikan Islam diintegrasikan melalui kegiatan kepramukaan. Sejak awal, anak sudah memiliki karakter yang berani, mandiri dan bertanggung jawab atas tugas dan kewajiannya. Oleh karen, diharapkan anak-anak akan lebih siap menghadapi segala rintangan yang multi dimensi di masa depan. Dengan demikian nilai-nilai pendidikan Islam di pramuka, cukup relevan karena upaya membangun sikap dan perilaku anak (pramuka) mulai mengalami kemajuan progresif. Misalnya, anak mulai mengerti bahwa perbuatan baik dan perbuatan buruk dan tidak pantas, tindakan yang menyimpang dari nilai agama. Fenomena inilah yang menarik minat penulis untuk melakukan kajian mendalam terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dalam gerakan pramuka.
Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka, metode pengumpulan data menggunakan metode historis, digunakan untuk melakukan rekonstruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif dengan mengumpulkan, memferivikasi dan mensintesis bukti, untuk menetapkan fakta agar dapat memperoleh kesimpulan yang kuat. Analisis yang digunakan dalam makalah ini adalah sastra, artinya data tersebut berupa presentasi verbal. Bentuknya adalah studi perpustakaan / penelitian perpustakaan. Penelitian ini menggunakan analisis dengan metode deduktif untuk mengumpulkan dan mengkompilasi data yang menumbuhkan interpretasi atau analisis dan interpretasi data tersebut.
Nilai pendidikan dalam gerakan pramuka, termasuk nilai-nilai agama, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat nasionalisme, patriotisme, mengenal keunggulan, persahabatan atau komunikasi, cinta damai, suka membaca, peduli terhadap lingkungan, kepedulian sosial, dan tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam gerakan pramuka dapat disimpulkan sebagai berikut, nilai monoteisme, nilai pemujaan, nilai moral dan moral, nilai kemandirian, nilai sosial, nilai disiplin, nilai keadilan. , nilai kesederhanaan, nilai kesabaran dan nilai persaudaraan.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Kepramukaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain