Skripsi
Upaya Guru Pai Dalam Pembinaan Shalat Siswa Mts Muhammadiyah Karangkobar
Shalat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam. Agar terbiasa melakasanakan Shalat maka perlu ditanamkan sejak usia dini. Oleh sebab itu semua jenjang pendidikan yang ada hendaknya melakukan upaya dalam pembinaan Shalat terhedap peserta didiknya. Yang paling berperan dalam upaya pembinaan shalat adalah guru PAI, karena merupakan patokan utama siswa untuk menjalankan kegiatan keagamaan dilingkungan skolah.
Ada beberapa siswa MTs Muhammadiyah Karangkobar yang sudah disiplin dalam melaksanakan shalat berjama’ah yang di program oleh sekolah namun ada sebagaian masih perlu di tingkatkan. Hal ini karena rendahnya kesadaran siswa akan pentingnya shalat. Selain itu juga memudarnya sosok yang dapat dijadikan panutan atau teladan bagi pelajar. Kesibukan orang tua dalam bekerja sehingga tidak ada waktu untuk membimbing putra-putrinya. Kemudian penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui upaya guru PAI dalam pembinaan shalat, untuk mengetahui proses pelaksanaan pembinaan shalat berjamah, dan ntuk mengetahui hasil yang di capai oleh guru PAI dalam pembinaan shalat siswa MTs Muhammadiyah Karangkobar.
Pada penelitian ini akan dikemukakan jenis metode kualitatif dengan penegasan teknik analisis deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskrpsikan fenomene-fenomena yang ada baik alami maupun ilmiah, dan interpretasi data pengembangan semua data yang dikumpulakan.
Hasil yang didapatkan adalah pada penelitian Periode I atau sebelum dilakukan Upaya pembinaan shalat siswa di MTs Muhammadiyah Karangkobar rata-rata siswa yang melaksanakan shalat berjamaah adalah 45% dari keseluruhan responden, kemudaian setelah dilakukan upaya pembinaan shalat terjadi peningkatan sebesar 10%, atau 55% responden melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah
Kata Kunci : guru PAI, pembinaan Shalat
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain