Skripsi
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Smp Negeri 4 Punggelan Tahun Pelajaran 2015/2016
Perilaku keagamaan berarti segala tindakan baik perbuatan atau ucapan yang dilakukan seseorang yang mana perbuatan atau tindakan serta ucapan tersebut terkait dengan agama. Agar dapat terbentuk perilaku keagamaan oleh siswa, perlu adanya solusi dan strategi yang tepat. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan adalah kegiatan yang berada diluar materi wajib sekolah. Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat memberikan sumbangan pendidikan yang sangat besar pada diri siswa, namun tentu saja harus adanya target pembelajaran yang dapat dievaluasi dengan baik. Terkait hal tersebut, sebagai sekolah umum yang hanya menyampaikan materi keagamaan 2 jam pelajaran dalam seminggu dipandang sangat kurang.
Fokus Penelitiannya adalah: (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan Ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 4 Punggelan?. (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 4 Punggelan?. (3) Bagaimana perilaku keagamaan siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP N 4 Punggelan?.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, yaitu peneliti akan meneliti obyek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) untuk meningkatkan perilaku keagamaan melalui ekstrakurikuler keagamaan menggunakan beberapa bentuk ekstrakurikuler. Adapun bentuk kegiatan itu adalah: Rohani Islam (Rohis), dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). (2) sedangkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan perilaku keagamaan dengan menggunakan metode, adapun bentuk metode yang digunakan adalah: metode ceramah dan metode tanya jawab. (3) perubahan perilaku keagamaan siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan adalah: Kesadaran menutup aurat, peningkatan pengetahuan beragama dan beribadah.
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, perilaku keagamaan, ekstrakurikuler keagamaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain