Skripsi
Hubungan Kedisiplinan Siswa Dengan Belajar Rumpun Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosobo Kelas Vii Tahun Ajaran 2015/2016
Skripsi ini membahas tentang hubungan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam MTs Negeri Wonosobo kelas VII tahun 2015 / 2016. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perilaku disiplin siswa di sekolah tersebut sehingga ada dugaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Wonosobo, 2) untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Wonosobo kelas VII, dan 3) untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam MTs Negeri Wonosobo kelas VII.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik product moment. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, interview, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas VII MTs Negeri Wonosobo diketahui bahwa meannya adalah 63,67. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kedisplinan siswa adalah dalam kategori baik yakni berada pada interval 64-70. Sedangkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam juga diketahui bahwa meannya adalah 77,53. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah dalam kategori baik yakni berada pada interval 74-79. Berdasarkan perhitungan dalam analisis, ternyata diketahui bahwa kualitas kedua variabel sama-sama dalam kategori baik. Dengan kata lain, tingginya kedisiplinan belajar siswa diikuti pula dengan tingginya Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam MTs Negeri 1 Wonosobo kelas VII. Hipotesis penelitian ini telah terjawab, yakni “Adanya hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII MTs Negeri Wonosobo” Setelah dilakukan perhitungan melalui analisis product moment yang menghasilkan nilai sebagai berikut. Berdasarkan konsultasi tabel ternyata setelah diolah dengan analisis perbandingan antara ro dengan rt diperoleh ro > rt (ro lebih besar dari rt) 0,794 > 0,361 (dalam taraf signifikansi 5%) dan 0,794 > 0,463 (dalam taraf signifikansi 1%). Berdasarkan perhitungan ini, hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi tidak adanya hubungan antara kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII MTs Negeri Wonosobo ditolak dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi Adanya hubungan antara kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII MTs Negeri Wonosobo diterima. Hal ini berarti bahwa, kedisiplinan siswa dapat menentukan tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam MTs Negeri Wonosobo kelas VII.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar dan Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain