Skripsi
Penerapan Metode Resitasi Dan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Tingkat Aplikasi Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Di Mi Guppi Gumawang Tahun Pelajaran 2015/2016
Tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan. Perubahan dan kemampuan untuk berubah merupakan batasan dan makna yang terkandung dalam belajar. Disebabkan oleh kemampuan berubah karena belajarlah, maka manusia dapat berkembang lebih jauh daripada makhluk-makhluk lainnya, sehingga ia terbebas dari kemandegan fungsinya sebagai khalifah Tuhan di muka bumi. Tinggi rendahnya kualitas perkembangan manusia (yang pada umumnya merupakan hasil belajar) akan menentukan masa depan peradaban manusia itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pengaruh penggunaan metode resitasi dan simulasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif tingkat aplikasi mata pelajaran IPS kelas III di SDN 1 Krinjing tahun pelajaran 2015/2016. Variabel dalam penelitian ini adalah metode resitasi dan simulasi dan kemampuan kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Krinjing.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelian yang bertujuan untuk menyumbangkan secara nyata bagi peningkatanprofesionalisme guru,dalam hai ini peneliti terlibat langsung dalam merencanakan tindakan, melakukan tindakan, observasi, refleksi dan lain-lain. Dalam penelitian ini penulis melakukan suatu tindakan intervensi yang diamati secara terus menerus.
Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran Metode Resitasi dan Simulasi Tingkat Aplikasi tersebut dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu : Tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut dan tahap evaluasi. Dari hasil penelitian aka dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas III dengan menggunakan metode resitasi dan simulasi dapat menigkatkan kemampuan kognitif siswa.
Kata kunci : Metode Resitasi dan simulasi, kemampuan kogninif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain