Skripsi
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Kitab-Kitab Allah Melalui Penggunaan Index Card Match Pada Kelas Iv-B Mi Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan index card match, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlakpeserta didik pokok bahasan Kitab-kitab Allahkelas IV-B MI Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan classroom action research atau penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yang mana meneliti upaya meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik melalui penggunaan index card matchpada kelas IV-B MI Hidayatussibyan Lancar Wadaslintang tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, tes, observasi partisipatif dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan index card match dapat meningkatkan aktivitas-aktivitas positif peserta didik dan menurunkan aktivitas-aktivitas off task peserta didik. Dengan penggunaan index card match yang sistematis dan prosedural sesuai dengan yang telah direncanakan dalam RPP dalam setiap siklusnya, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase rata-rata hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik antarsiklusnya.Pada prasiklus nilai rata-ratanya hanya 75,09, pada siklus 1 tercapai 80,82 dan pada siklus 2 mencapai 88,91. Dari prasiklus ke siklus 1 tercapai persentase peningkatan hasil belajar sebesar 7,63%, dari siklus 1 ke siklus 2 tercapai peningkatan hasil belajar sebesar 10,01%. Jika dihitung peningkatan pencapaian hasil peserta didik dari prasiklus sampai siklus 2, berhasil dicapai peningkatan hasil belajar sebesar 18,40%.
Kata kunci: hasil belajar, index card match, Aqidah Akhlak.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain