Skripsi
Implementasi Ranah Afektif Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Mojotengah Tahun Ajaran 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi pengembangan ranah afektif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mojotengah Kecamatan Mojotengah dan kendala-kendala yang dihadapi guru.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara . Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VIIIB yang berjumlah 2 orang, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Model Pengembangan Ranah Afektif peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mojotengah Kecamatan Mojotengah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan ranah afektif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mojotengah Kecamatan Mojotengah tergolong “baik”. Hal ini dapat terlihat dari observasi hasil pada aspek sikap dengan kategori sangat rendah 8%, baik 52%, sangat baik 40% dan dari aspek minat dengan kategori baik 52%, dan sangat baik 48%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa model pengembangan ranah afektif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mojotengah Kecamatan Mojotengah tergolong “baik”. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik adalah kurangnya alokasi waktu; kurangnya sarana pendukung dan keterbatasan pengawasan peserta didik selama 24 jam penuh.
Kata kunci: sikap, minat, ranah afektif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain