Skripsi
Hubungan Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Farhu Siswa Mts Hidayatussibyan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar Fiqih materi sholat fardhu siswa Hidayatussibyan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo, dengan metode kuantitatif terhadap data yang penulis peroleh dilapangan. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci yang bersifat operasional. Prestasi belajar yang dimaksud disini adalah prestasi belajar siswa sesudah diterapkannya metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih materi sholat Fardhu.
Penelitian bersifat kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa metode koesioner dan dokumentasi, dan metode wawancara hanya sebagai pelengkap untuk menguatkan bukti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah tehnik analisis product moment, dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, maka menggunakan analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan.Hasil penelitian menunjukan penerapan metode demonstrasi sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran fiqih materi sholat Fardhu siswa kelas VII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang.
Dari hasil analisis yang diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran Fiqih tentang sholat fardhu. Berdasarkan analisa data antara variable X dan Y menunjukan ada hubungan yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar Fiqih materi sholat fardhu siswa MTs Hidayatussibyan Wadaslintang Wonosobo. Hai ini berdasarkan analisis data diperoleh harga r xy = 0,735 lebih besar pada harga r pada tabel product moment, yaitu 0,430 pada taraf signifikansi 1 % dan 0,334 pada taraf signifikansi 5 %.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar, Fiqih
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain