Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas Vii A Di Mts Riyadusholihin Purworejo Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Pendidikan aqidah akhlak memang bukan satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Tetapi secara substansial pelajaran aqidah akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktekan nilai-nilai agama sebagaimana terkandung dalam Al-Quran dan hadist dalam kehidupan sehari-hari. Namun pembelajaran aqidah akhlak di madrasah yang selama ini berlangsung agaknya terasa kurang konsen terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam diri siswa. Perkembangan moral yang mengandung keteraturan hubungan antar sesama manusia itu sangat mendapatkan perhatian dalam dunia Islam. Yang perlu diperjelas lagi adalah bahwa nilai moralitas itu pada dasarnya harus tertanam pada hati nurani siswa, yang kemudian ketika diimplementasikan menjadi kebaikan atau kesalehan sosial. Untuk itu pembelajaran aqidah akhlak hendaknya menekankan pada aspek pembentukan moral yang nyata, ini sebagai upaya dalam membentengi siswa agar selektif dalam menyerap informasi dari luar sehingga siswa dapat menempatkan diri pada moralitas yang sejalan dengan ajaran Islam.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan analisis korelasi product moment menunjukan ada pengaruh antara pembelajaran aqidah akhlak terhadap perkembangan moral siswa kelas VII A MTs Riyadusholihin Purworejo Klampok dengan tingkat signifikasinya sebesar 0,796. Hasil tersebut apabila dikonsultasikan dengan r tabel product moment pada taraf signifikasi 1% dengan N : 35 diperoleh nilai 0,430 dan taraf signifikasi 5% dengan N : 35 diperoleh nilai sebersar 0,334, dengan demikian maka rhitung > rtabel artinya bahwa ada pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perkembangan moral siswa kelas VII A MTs Riyadusholihin Purworejo Klampok. Nilai korelasi antara variabel x dengan variabel y bernilai signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan skor variabel x akan diikuti peningkatan pada skor variabel y. Sehingga nilai 0,796 adalah signifikan, artinya signifikasi tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat berlaku pada seluruh populasi dimana sampel yang 35 siswa diambil.
Kata Kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perkembangan Moral.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain