Skripsi
Internalisasi Nilai-Nilai Agama Di Mts Ath Thahiriyah Purwanegara Kabupaten Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode internalisasi nilai-nilai agama, bentuk implementasi internalisasi nilai-nilai agama dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai agama pada peserta didik di MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug.
Jenis yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, Interview dan dokumentasi. Untuk menganalisa data yang penulis peroleh dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis Deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif eksploratif. Tujuannya adalah untuk mengggambarkan keadaan dan status fenomena.
Setelah dilakukan penelitian diketahui metode Internalisasi yang diterapkan diantaranya melalui kegiatan intrakurikuler yaitu kegiatan Belajar Mengajar di MTs Ath Thahiriyah Purwanegara antara lain Ceramah, Tanya Jawab, Metode Demonstrasi, Metode Dril/latihan, Metode karya wisata (Tadzabur Alam), selain itu kegiatan internalisasi dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan program tambahan madrasah. Bentuk Internalisasi yang diterapkan diantaranya menggunakan kesenian Islam, membaca asmaul khusna, membaca suratan pendek, sholat dzuhur berjamaah, kultum dzuhur, kegiatan olah raga dan kesenian, keteladanan guru untuk menjadi simbol yang dapat menjadi arah berpikir siswa intuk ditiru serta pemberian penghargaan dari setiap perbuatan yang baik dan pemberian hukuman positif dari setiap perbuatan buruk.
Faktor-faktor yang mendukung kelancaran pengajaran pendidikan di MTs Ath Thahiriyah Purwanegara ini antara lain sebagai berikut adalah: Sikap positif siswa terhadap pelajaran, tingkat kecakapan Tenaga Pendidik, situasi dan kondisi yang mendukung proses belajar (pembelajaran), adanya pemberian tugas baik secara kelompok maupun individu. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran antaralain masih ada sebagian siswa yang masih kesulitan dalam menerima pelajaran, kurang adanya bimbingan dari orang tua siswa pada saat siswa belajar dirumah.
Kata Kunci : Internalisasi, nilai-nilai agama
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain