UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

pengaruh rajin sholat dhuha terhadap kepribadian siswa smp ma'arif nu 01 karangkobar tahun pelajaran 2015/2016

Ita Isrotun - Nama Orang;

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru di sekolah tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih penting pula membentuk watak dan pribadi anak didiknya dengan akhlak dan ajaran-ajaran Islam. Maka dari itu memberikan pendidikan shalat pada siswa menjadi tugas bagi guru karena sesungguhnya shalat adalah madrasah akhlak dan pelatihan aplikatif yang menanamkan semangat kedisiplinan dalam jiwa. Pendidikan shalat yang di berikan tidak hanya shalat wajib saja akan tetapi perlu juga ditanamkan kesadaran pada siswa untuk melaksanakan shalat sunnah termasuk diantaranya shalat dhuha karena masih banyak siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya yang belum mengerti benar dan mengabaikan shalat sunnah khususnya shalat dhuha.

Dalam menghadapi tantangan yang demikian, MTsN Langkapan Srengat Blitar merasa perlu mengadakan peningkatan-peningkatan dalam bidang pendidikan agama disamping juga pendidikan umumnya. Kader-kader Islami yang diharapkan oleh masa depan adalah yang mempunyai iptek tinggi dan imtaq kuat, sehingga nantinya mempunyai daya saing yang kuat.

Pokok bahasan yang manjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar? (2) Bagaiman pelaksanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar?

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah, pelaksanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar, dan evaluasi guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar,

Skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan referensi dalam rangka upaya meningkatkan mutu pendidikan umum. Skripsi ini juga bermanfaat bagi mahasiswa atau khalayak, sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan penelitian tentang upaya peningkatan mutu pendidikan umum yang terjadi di tempat lain. Dan tentunya akan sangat menarik apabila dilakukan di STAIN Tulungagung.

Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif.

Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa, keadaan pendidikan umum yang ada di MTsN Lamgkapan Srengat Blitar sudah baik. Demikian halnya dengan kegiatan keagamaan juga sudah baik. Hal ini di buktikan dengan adanya kegiatan rutin shalat dhuha berjamaah dan membaca Al-Quran setiap pagi sebelum bel masuk sekolah. Adapun dalam upayanya guru meningkatkan kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat dhuha di MTsN Langkapan Srengat Blitar yang di mulai dari perencanaannya adalah dengan di buatnya jadwal shalat dhuha, ditetapkan kebijakan waktu pelaksanaan shalat dhuha, serta memantapkan tujuan diadakannya shalat dhuha. Untuk pelaksanaan shalat dhuha adalah dengan memberikan pembinaan, sosialisasi dan pengawasan yang secara terus-menerus, memberlakukan absent, meningkatkan kerjasama antar sesame guru, serta membina hubungan baik dengan anak didik. Sedangkan dalam evaluasinya adalah dengan memberikan sanksi kepada siswa yang tidak mengikuti shalat dhuha tanpa alas an yang jelas, serta menjadikan shalat dhuha sebagai peraturan yang harus di patuhi setiap siswa.

Penulis menyimpulkan bahwa peran serta penulis sangat menentukan validitas data. Paparan data hasil penelitian dan temuan penelitian adalah merupakan hasil analisis data.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4156 ITA p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kepribadian siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ita Isrotun
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?