Skripsi
Pengaruh Penggunaan Teknologi Infromasi Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Pai Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Perkembangan teknologi informasi saat ini sebagai media pembelajaran tidak lagi dianggap sebagai alat bantu belaka buat pendidik, tetapi juga alat penyalur pesan dari pemberi pesan ke penerima pesan. Kenyataan ini menunjukkan bahwa keberadaan media teknologi informasi sudah semakin modern dan berfungsi positif dalam pendidikan. Apabila hal ini dapat dipahami dan dimanfaatkan oleh berbagai sekolah, maka kemungkinan untuk memberikan motivasi belajar para siswa akan semakin tinggi, sehingga dengan kesadaran yang positif bahwa media teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan yang sangat efektif. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran memerlukan sejumlah keahlian dan pengalaman profesional. Atas dasar itu, guru perlu mengetahui dan sifat-sifat dari media teknologi informasi tersebut. Untuk itu konsep pemahaman tentang penggunaan media teknologi informasi dalam pembelajaran PAI untuk lebih diperhatikan jenis dan media yang digunakan. Dengan demikian diharapkan akan lebih bermakna bagi siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa nilai rhitung diperoleh sebesar 0,870 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel untuk N: 40 pada taraf signifikasi 1%, diperoleh nilai r tabel sebesar: 0,403 dan untuk taraf signifikasi 5% didapatkan nilai rtabel sebesar: 0,312, dengan denikian maka dapat diketahui bahwa nilai rhitung>rtabel atau (0,753>0,403>0,312). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaaan teknologi informasi dengan keberhasilan pembelajaran PAI siswa di SMP Negeri 3 Purwareja Klampok. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi, maka koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,870 termasuk kategori sangat tinggi. merujuk pada uji signifikasi diperoleh t tabel sebesar 2,021 dan untuk kesalahan 5% sedangkan t hitung sebersar 6,436 dengan demikian maka thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga koefisien tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat berlaku pada seluruh populasi dimana sampel 40 siswa diambil.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Pembelajaran PAI.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain