Skripsi
Pendidikan karakter perspektif islam dalam pandangan Imam Al-Ghazali konsep dan implementasinya dalam proses belajar mengajar (terjemah kajian kitab "bidayah al-hidayah" penerjemah mujahidin muhaya dan heni amalia)
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam perspektif islam serta konsep pendidikan karakter menurut imam Al-Ghazali dalam terjemah kitab “Bidayah al-Hidayah” dan implementasinya dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini merupakan penilitian kajian pustaka (library research). Dalam penelitian ini hakekatnya data yang diperoleh dalam kepustakaan dikumpulkan dan diolah dengan cara : Editing, Organizing, Penmuan hasil Temuan. Teknik data dalam penelitian ini menggunakan metode conten data dan metode deduksi. Analysis yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistimatika untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan.
Metode ini digunakan untuk memperoleh keterangan dari isi Komunikasi, yang disampaikan dalam bentuk lambang yang teredokumentasi atau dapat didokumentasikan. Analysis ini berfungsi untuk menggali nilai-nilai yang terpendam, atau dengan kata lain untuk mengungkapkan makna yang tresirat dan tersurat.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter dalam terjemah kitab “Bidayah al-Hidayah” penerjemah Mujahidin Muhaya dan Heni Amalia sesuai dengan pendidikan dalam perspektif islam dan konsep dan implementasi dsesuai dalam proses belajar mengajar di Indonesia yang tertuang dalam Kurikulum 2013.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Bidayah al-Hidayah, dan Belajar Mengajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain