Skripsi
Penerapan Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Pada Pokok Bahasan Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi Ma'arif Ngalian Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Project Base Learnning (PBL) pada mata pelajaran IPA materi vegetatif buatan di kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Project Based Learnning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi vegetatif buatan di kelas V MI Ma’arif Ngalian Tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah yang digunakan dalam strategi pembelajaran Project Based Learnning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi vegetatif buatan di kelas V MI Ma’arif Ngalian yang pertama adalah perencanaan, guru menjelaskan terlebih dahulu maksud dan tujuan sebelum memberikan project. Yang kedua, pelaksanaan. Pada pelaksanaan peran guru adalah membimbing siswa saat melakukan project yang telah ditentukan di depan kelas. Selanjutnya ketiga adalah evaluasi, sebagai tindak lanjut guru memberikan evaluasi. Penggunaan strategi pembelajaran Project Based Learnning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi vegetatif buatan di kelas V MI Ma’arif Ngalian dapat dilihat dari dampak langkah-langkah metode demonstrasi terhadap siswa adalah siswa dapat mempraktekkannya dengan lebih baik dari sebelumnya. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.
Hasil Uji Pokok Bahasan I menunjukkan bahwa belum semua siswa tuntas individu maupun klasikal karena masih terdapat 19 atau 76% siswa yang tuntas belajar, sedangkan sisanya sebanyak 6 atau 24 % siswa belum tuntas belajar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 78,2. Akan tetapi, guru telah berhasil membangun hubungan yang baik dengan siswa sehingga mempermudah guru dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar. Pada siklus II, pembelajaran lebih baik. Pembelajaran dengan berdiskusi membuat siswa tampak gembira dan senang, dan selama proses pembelajaran berlangsung, kelas terkontrol hingga akhir pelajaran. Berdasarkan ulangan harian pada siklus II terdapat 23 atau 88% siswa yang tuntas belajar, sedangkan sisanya sebanyak 2 atau 12 % siswa belum tuntas belajar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 85. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar pada pokok bahasan Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dengan strategi Project Based Learning (PBL).
Kata Kunci: Project Based Learning, Prestasi Belajar, IPA
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain