UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih (Studi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Siswa Kelas Vii A Mts Ma'arif Nu 08 Panican Kemangon Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016)

Nurlaelatul Fajriyah - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan motivasi belajar fiqih pada siswa kelas VII A di MTs Ma’arif NU 08 Panican. 2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan problem yang dihadapi siswa pada mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panican. 3) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panican.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panicanyang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 17 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2016 sampaidengantanggal 7 Mei 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pembelajaran. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi – evaluasi, dan refleksi. Peningkatanmotivasibelajarsiswadiukurdariobservasiaktivitassiswa, tes evaluasi kemampuan siswa pada setiap akhir siklusdandokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat yaitu 1) aktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklus I rata-rata 69,4,padasiklus IInaikmenjadi80,9 danpadasiklus III naikmenjadi 92,1. 2) nilai rata-rata hasilbelajarsiswamengalamikenaikandari nilai siklus I 68,1, pada siklus II 77,4, dan pada siklus IIInaikmenjadi88,4. 3) ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 11 siswa atau 40,7% dari 27 siswa, naik menjadi 21 siswa atau 77,8% pada siklus II dan naik menjadi 27 siswa atau 100% pada siklus III. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang inovatifyaitu model pembelajarankooperatifdapat meningkatkan motivasibelajardanhasilbelajarsiswakelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panican.

Kata kunci: peningkatan, motivasibelajar, Fiqih














Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4165 NUR p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Motivasi belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurlaelatul Fajriyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?