Skripsi
Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih (Studi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Siswa Kelas Vii A Mts Ma'arif Nu 08 Panican Kemangon Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016)
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan motivasi belajar fiqih pada siswa kelas VII A di MTs Ma’arif NU 08 Panican. 2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan problem yang dihadapi siswa pada mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panican. 3) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panican.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panicanyang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 17 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2016 sampaidengantanggal 7 Mei 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pembelajaran. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi – evaluasi, dan refleksi. Peningkatanmotivasibelajarsiswadiukurdariobservasiaktivitassiswa, tes evaluasi kemampuan siswa pada setiap akhir siklusdandokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat yaitu 1) aktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklus I rata-rata 69,4,padasiklus IInaikmenjadi80,9 danpadasiklus III naikmenjadi 92,1. 2) nilai rata-rata hasilbelajarsiswamengalamikenaikandari nilai siklus I 68,1, pada siklus II 77,4, dan pada siklus IIInaikmenjadi88,4. 3) ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 11 siswa atau 40,7% dari 27 siswa, naik menjadi 21 siswa atau 77,8% pada siklus II dan naik menjadi 27 siswa atau 100% pada siklus III. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang inovatifyaitu model pembelajarankooperatifdapat meningkatkan motivasibelajardanhasilbelajarsiswakelas VII A MTs Ma’arif NU 08 Panican.
Kata kunci: peningkatan, motivasibelajar, Fiqih
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain