Skripsi
Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Dalam Bidang Studi Pai Di Smp Negeri 5 Purwanegara Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk Untukmengetahuiupaya-upayaapasaja yang dilakukanoleh guru matapelajaran Agama Islam dalamrangkameningkatkankreativitasbelajarPendidikan Agama Islam dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapioleh guru Pendidikan agama Islam dalamrangkameningkatkan kreativitas pembelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Purwanegara.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalamhalinipenulismenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkualitatifyaitumendeskripsikan data yang dikumpulkanberupa kata-kata, gambardanbukanangka.
Hasil penelitian yang berupa upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Purwanegara terdiri dari dua hal yaituPeningkatkan kreatvitas belajar bagi guru PAI meliputi Program Untuk meningkatkan kreatvitas guru dalam mengajar PAI diantaranya adalah peningkatan kreativitas Guru Melalui MGMP dan Workshop. Dengan mengikuti kegiatan tersebut guru akan dapat mengembangkan danmeningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dapat melaksanakan komponen Evaluasi yang meliputi pembuatan soal yang berkualitas dan dapat diuji validitasnya,dapat menerapkan metode dan Strategi yang kreatif,meningkatkan kreativitas pembelajaran pada komponen bahan pelajaran yang beragam dan menarik. Sedangkan Peningkatkan kreatvitas belajar PAI pada siswa meliputi Program Untuk meningkatkan kreatvitas belajar Siswa dalam belajar PAI di SMP Negeri 5 Purwanegara diantaranya pelaksanaan Pembelajaran PAI kreatif mendorong siswa untuk belajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), Kreativitas belajar PAI melaluiEkstrakurikuler Keagamaan, Kreativitas siswa dalam pemanfaatan sarana belajar seperti perpustakaan dan media maupun alat peribadatan. Dengan kegiatan penunjang kreativitas siswa-siswa diharapkan akan mampu mengikuti kegiatan dengan baik dan kondusif yang ujungnya daya serap siswa untuk memahami materi pelajaran berakhir maksimal. Selain daya serap tentunya kegiatan pembelajaran yang menarik akan membuat guru dan siswa bahagia dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci :Kreativitas dan belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain