Skripsi
Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas Viii Di Smp N 1 Kejajar Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang hubungan pola asuh orang tua dan prestasi belajar pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kejajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pembelajaran selanjutnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar SMP N 1 Kejajar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah adanya hasil prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam yang baik akibat pengaruh pola asuh orang tua terhadap anaknya dalam menyongsong cita-cita di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan pola asuh orang tua dan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kejajar, jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket, yaitu untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa terhadap prestasinya dan menggunakan nilai ulangan harian semester ganjil untuk mengetahui nilai mata pelajaran pendidikan agama islam. Populasi adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kejajar tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Dari populasi 164 siswa diambil 15% yaitu 25 siswa.
Hasil penelitian menggunakan perhitungan korelasi product moment diperoleh angka 0,67 dengan n = 25 diketahui signifikan 5 % = 0,396 dan taraf signifikan 1% = 0,505 sehingga nilai rxy lebih besar dari r table (0,67 > 0,396) dan (0,67 > 0,505) dan termasuk dalam interpretasi antara 0,600 – 0,800 termasuk dalam kategori tinggi, sedang untuk pengujian signifikan data diperoleh t= 4,32 lalu dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% t tabel nilai kritis dengan n = 23 didapat t tabel = 1,71 ternyata harga t hitung lebih besar dari t tabel (4,32 > 1,71) maka hipotesa alternatif disetujui atau diterima, jadi hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang cukup dan positif antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII SMP N 1 Kejajar tahun pelajaran 2015/2016.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain