Skripsi
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religiositas (Kajian Buku "Kisah Teladan Dalam Al-Qur'an" Karya Hamid Ath-Thahir)
Dunia pendidikan yang berhubungan erat dengan masalah moral dan akhlak mendapat tantangan dengan merosotnya nilai-nilai karakter, akhlak dan budi pekerti. Bila kemerosotan akhlak dan budi pekerti merambah di berbagai kalangan bukan tidak mungkin dunia pendidikan menjadi sasaran kesalahan. Keterpurukan nilai-nilai akhlak yang semakin tidak dihiraukan inilah yang menjadikan nilai-nilai tersebut harus dimunculkan kembali.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode study literature. dengan mengambil objek kajian buku karya Hamid Ahmad Ath-Thohir yang berjudul Kisah Teladan dalam Al-Qur’an. Sumber data yang digunakan berupa sumber primer dan sumber sekunder, Untuk pengumpulan data menggunakan metode penelitian perpustakaan atau library research. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan analisis isi dan analisis deduktif dan induktif, untuk menarik kesimpulan yang tepat dari sebuah buku atau dokumen, juga merupakan teknik pesan, yang penggarapannya dilakukan secara obyektif dan sistematis.
Hasil dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan yang lebih luas dan bermanfaat bagi penulis khususnya, dan pembaca pada umumnya. Selain itu, dapat mengetahui apa isi dari buku Kisah teladan dalam Al-Qur’an, khususnya pada pembahasan tentang pendidikan karakter religiositas dimana penelitian ini adalah mencari nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam buku tersebut. Jadi, nilai-nilai pendidikan karakter religiositas yang terdapat dalam buku tersebut sangat dibutuhkan dan harus ditanamkan pada jiwa seseorang mulai sejak kecil. Karena pendidikan karakter religiositas merupakan fondasi dalam menjalani kehidupan.
Kata kunci : Nilai, Pendidikan, Karakter, Religiositas, Kisah Al-Qur’an
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain