Skripsi
Emotional Spiritual Quotient Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Dalam Terbentuknya Insan Kamil (Kajian Al-Qur'an Surat Al- Ahzab Ayat 21)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep ESQ dalam Islam,
konsep Insan Kamil dalam Islam, konsep ESQ dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 21 dan
untuk mengetahui bagaimana perspektif Q.S. Al-Ahzab tentang ESQ.
Pembahasan dan analisa dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
library research. Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan datadata
dari buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang penulis teliti. Dalam hal
ini tentunya tidak lepas dari tafsir Al-Qur’an serta penelitian-penelitian terdahulu
yang sudah membahas tentang ESQ.
Hasil analisis dengan judul diatas dapat diambil kesimpulan bahwa konsep
ESQ tidak lepas dari kajian Q.S. Al-Ahzab ayat 21 yang mana didalamnya
membahas akhlak yang meneladani Nabi Muhammad SAW. Meneladani sifatsifat
Nabi merupakan salah satu metode dalam pendidikan Islam untuk
membentuk manusia yanng kuat imannya, taat beribadah dan berakhlak karimah.
Bahkan keseluruhan gerak dalam kehidupannya mulai dari perbuatan, perkataan
dan tindakan apapun yang dilakukannya dengan niat mencari ridha Allah. Pada
hakikatnya ESQ merupakan sebuah konsep dalam membentuk manusia yang yang
bisa mengendalikan diri sendiri, memotivasi diri sendiri, sanggup mengendalikan
dorongan hati dan emosi, mampu memaknai setiap kegiatan sebagai ibadah dan
mampu memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa bagi dirinya maupun
lingkungan sekitarnya. Jika mannusia mencapai pada tingkatan ini, masuklah
hamba tersebut dalam kategori Insan Kamil.
Kata kunci: Konsep ESQ, Pendidikan Islam, Insan Kamil, dann Al-Ahzab
ayat 21.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain