Skripsi
Studi Korelasi Antara Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Arab Dengan Kepribadian Siswa Di Smp Negeri 1 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2014/2015
              Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya perilaku dan kepribadian manusia. Proses pembelajaran dan pengajaran di sekolah tidak hanya bertumpu pada kegiatan kurikuler dan intrakurikuler saja. Tetapi perlu dikembangkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti kegiatan eksrakurikuler yang mengarah terhadap pembentukan dan pengembangan kepribadian seorang siswa.dalam usaha membentuk kepribadian keagamaan maka sekolah perlu mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khususnya bahasa arab karena dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan terdapat nilai-nilai edukatif yang dapt dijadikan rujukan oleh siswa untuk berperilaku dalam kehidupan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan ekstrakurikuler kegamaan bahasa arab dengan perkembangan kepribadian siswa SMPN 1 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada data kuantitatif yaitu data angket dengan data yang dikumpulkan menggunakan instrumen angket yang disebar berjumlah 40 soal tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan perkembangan keprbadian siswa kelas VII B. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai hal-hal yang berupa transkrip, catatan, buku, dan lain sebagainya dan melengkapi data yang diperoleh dari hasil observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi product moment serta menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga rhitung 0,512. Kemudian r hitung tersebut dibandingkan dengan r tabel. Bila taraf kesalahan ditetapkan 5% dan dk 40 maka harga r tabel adalah 0,312. Ternyata harga r hitung lebih besar dari harga r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya ada hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dan pertumbuhan kepribadian siswa sebesar 0,512.
Pengujian signifikansi Selain dengan menggunakan korelasi product moment, peneliti mengujinya dengan menggunakan uji t. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai  hitung sebesar 3,672. Selanjutnya harga t hitung tersebut dibandingkan dengan harga t tabel. Untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk = 40-2 = 38, maka diperoleh t tabel = 2,021. Ternyata harga t hitung 3,672 lebih besar dari t tabel (3,672 > 2,021) sehingga kesimpulanya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dan pertumbuhan kepribadian siswa sebesar 3,672
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Keagamaan, Kepribadian.
            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain