Skripsi
Implementasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Pagentan Tahun Ajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pagentan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pagentan yang berjumlah 104 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes.
Dari hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji-gain. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung = 2,16 dan ttabel=2,021, berarti thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada Ada perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pagentan yang menggunakan metode Team Games Tournament dengan metode Ceramah bervariasi. Dari uji-gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,44 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,14 dengan kriteria rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Team Games Tournament.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain