Skripsi
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Kasus Materi Kalor Di Mts As-Sahro Rejosari Kelas Viii Tahun Pelajaran 2015/2016)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle pada materi Kalor kelas VII MTs As-Sahro dan bagaimana peningkatkan kemampuan berpikir siswa pada pokok bahasan materi kalor setelah menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan sampel 35 siswa untuk kelas kontrol dan 35 siswa untuk kelas eksperimen, sampel ini diambil dari populasi kelas VII siswa MTs As-sahro Rejosari tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kritis dari hasil kognitif diperoleh dari test. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah quasi eksperimen.
Hasil analisis statistik menggunakan uji gain diperoleh nilai 0,4026 termasuk pada kategori sedang. Dari uji hipotesis kemampuan berpikir kritis, diperoleh hasil penelitian bahwa t_hitung > t_tabel dengan taraf kesalahan relatif 5%. Karena t_hitung>t_tabel atau (2,14 > 2,000) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : inkuiri terbimbing (pictorial ridlle), kemampuan berpikir kritis
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain