UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Kasus Materi Kalor Di Mts As-Sahro Rejosari Kelas Viii Tahun Pelajaran 2015/2016)

Ana Fatimatul Hidayah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle pada materi Kalor kelas VII MTs As-Sahro dan bagaimana peningkatkan kemampuan berpikir siswa pada pokok bahasan materi kalor setelah menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan sampel 35 siswa untuk kelas kontrol dan 35 siswa untuk kelas eksperimen, sampel ini diambil dari populasi kelas VII siswa MTs As-sahro Rejosari tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kritis dari hasil kognitif diperoleh dari test. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah quasi eksperimen.
Hasil analisis statistik menggunakan uji gain diperoleh nilai 0,4026 termasuk pada kategori sedang. Dari uji hipotesis kemampuan berpikir kritis, diperoleh hasil penelitian bahwa t_hitung > t_tabel dengan taraf kesalahan relatif 5%. Karena t_hitung>t_tabel atau (2,14 > 2,000) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dengan metode Picrorial ridlle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci : inkuiri terbimbing (pictorial ridlle), kemampuan berpikir kritis


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4135 ANA p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode pictorial riddle
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ana Fatimatul Hidayah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?