Skripsi
Sejarah Mata Pelajaran Pai Masuk Dalam Kurikulum Di Indonesia (Periode Tahun 1950-2013)
Sejarah Islam di Indonesia adalah salah satu sejarah terpenting bangsa, namun yang juga paling tidak jelas sumber dan buktinya. Hal ini dikarenakan kurangnya bukti peninggalan yang bisa dijadikan sumber yang valid dalam perjalanan sejarah Islam di Indonesia. Termasuk dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Perjalanan mata pelajaran PAI masih menjadi misteri bagi masyarakat luas, dan belum ada peneliti yang bisa memberikan jawaban secara gamblang.
Penulis skripsi dalam judul Sejarah Mata Pelajaran PAI Masuk dalam Kurikulum di Indonesia (Tahun 1950-2013) bertujuan untuk mengetahui waktu secara pasti dan cara mata pelajaran PAI masuk dalam kurikulum di Indonesia. Kendala apa saja ketika proses itu berlangsung dan bagaimana dinamika perkembangan mata pelajaran PAI dalam Kurikulum Nasional di Indonesia.
Untuk pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan dan teknik dokumenter. Sedangkan untuk teknik analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis non statistik dan analisis komparatif. Penulis melakukan tiga tahap analisis dalam menganalisa data yang sudah diperoleh, yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Hal tersebut dilakukan supaya mendapat gambaran secara utuh tentang sejarah proses masuknya Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Nasional di Indonesia.
Proses masuknya Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum di Indonesia bukanlah proses yang singkat dan mudah. Mapel PAI masuk dalam kurikulum melaui jalur legalitas dari undang-undang tentang pendidikan. Tahun 1966 adalah awal mula mapel PAI menjadi mata pelajaran wajib bagi setiap sekolah di semua jenjang pendidikan. Kendala yang dihadapi adalah belum stabilnya keadaan negara pada waktu itu, baik masih adanya intervensi dari negara lain maupun masalah internal dari Indonesia itu sendiri. Butuh proses yang lama agar PAI mendapatkan posisi sejajar dengan mata pelajaran umum lainnya. Lebih dari itu, butuh waktu bertahun-tahun untuk PAI mendapatkan porsi penting dalam kurikulum nasional.
Kata Kunci : Sejarah Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain