Skripsi
Sistem Pembelajaran Berbasis Sks Pada Kelas Siswa Cerdas Cermat Istimewa (Sci) Di Sma Takhassus Al-Qur'an Tahun Ajaran 2014/2015
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah kualitas dan efisiensi sistem pembelajaran di sekolah. Tidak sedikit sekolah yang melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas serta efisiensi pembelajaran, seperti menerapkan sistem pembelajaran berbasis Sistem SKS. Penerapan SKS dalam pengelolaan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia saat ini merupakan suatu upaya inovatif untuk menambah kekayaan pengelolaan pembelajaran yang selama ini hanya menggunakan satu-satunya cara, yaitu sistem paket.
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan sistem pembelajaran berbasis SKS pada siswa kelas SCI di SMA Takhassus Al-Qur’an, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat sistem pembelajaran berbasis SKS dan bagaimana solusi dari faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan sistem pembelajaran berbasis SKS pada siswa kelas Siswa Cerdas Istimewa (SCI) di SMA Takhassus Al-Qur’an Tahun Ajaran 2014 /2015.
Skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan sistem pembelajaran berbasis SKS pada siswa kelas SCI serta problematika pelaksanaannya dan solusinya di SMA Takhassus Al-Qur’an Tahun Ajaran 2014/2015. Kemudian menganalisanya dengan bukti kebenaran data yang diuji dengan metode keabsahan data yang meliputi uji kredibilitas, uji validitas eksternal, uji reliabilitas dan uji objektivitas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang menjadi penghambat yaitu dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan sistem pembelajaran berbasis SKS pada siswa kelas SCI atau kelemahan dan kelebihan sistem pembelajaran berbasis SKS, serta upaya-upaya yang dilakukan SMA Takhassus Al-Qur’an untuk mengatasi faktor penghambat, memperkaya faktor pendukung, dan upaya yang dilakukan untuk mempertahankan sistem pembelajaran berbasis SKS.
Kata kunci : Sistem Pembelajaran, SKS, SCI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain