Skripsi
Analisis Prestasi Belajar Sbk Siswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dan Di Luar Pondok Pesantren Di Mi Ma'arif Sureg Gede Kertek Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar (SBK) seni budaya ketrampilan siswa yang tinggal di pondok pesantren dan di luar pondok pesantren dan dari hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa prestasi siswa belajar SBK yang tinggal di pondok pesantren lebih tinggi di bandingkan dengan peningkatan prestasi belajar SBK yang tinggal di luar pondok pesantren.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berdasarkan pada kondisi lapangan atau mengkaji berbagai fenomena yang di temui oleh peneliti selama melakukan penelitian, terkait pengambilan sampel pada umumnya di lakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kualitatif atau deskriptif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan.
Perbedaan peningkatan prestasi belajar SBK pada kedua kelompok ini disebabkan oleh lingkungan dari kedua kelompok ini yang berbeda. Siswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki kelebihan yakni bahwa lingkungan pesantren memang lingkungan yang disiapkan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan secara holistik, sehingga waktu maupun kultur yang diciptakan dalam lingkungan pesantren sudah didesign untuk menunjang keberhasilan pendidikan. Sedangkan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren, baik tinggal dengan orang tua maupun dengan wali tentu porsi belajar dan kondisi lingkungan untuk belajar tidak sekondusif di pesantren.
Kata kunci : Studi komparasi siswa, pondok pesantren, luar pondok pesantren Peningkatan Prestasi SBK
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain