Skripsi
Peningkatan Kecerdasan Emosional Melalui Dzikir Asmaul Husna Di Tpq Al-A'laa Dusun Keseneng Desa Sinduagung Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara meningkatkan kecerdasan emosional seseorang. 2) Untuk mengetahui cara menerapkan dzikir Asmaul Husna yang benar di TPQ Al-A’laa Dusun Keseneng Desa Sinduagung. 3) Untuk mengetahui penerapan dzikir Asmaul Husna guna meningkatkan kecerdasan Emosional di TPQ Al-A’laa Dusun Keseneng Desa Sinduagung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dani observasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data (data reduction), metode penyajian data (Data display), dan metode Conclusion Drawing/ Verification..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Dzikir asmaul husna merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional ditandai dengan kemampuan mengelola emosinya dalam menghadapi berbagai macam cobaan.2. ada beberapa tahapan dalam berdzikir asmaul husna di TPQ Al-A’laa yaitu dengan membaca bacaan asmaul husna, menghafalkannya setelah selesai proses pembelajaran serta metode mujahadah. 3) penerapan dzikir asmaul husna melalui beberapa kegiatan di TPQ Al-A’laa yang di dalamnya mengandung manifestasi asmaul husna yaitu As-Sami’, Al-Bashir, Al-Lathif, Al-Hayy, Al-mubdi’, Al-Kholiq, Al-Mu’min, Al-Hafidz. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional para peserta didiknya yang ditandai dengan perubahan perilaku pada peserta didik seperti kemampuan mereka dalam mengelola emosi sehingga tidak mudah muncul emosi negative, lebih sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang datang, memiliki hubungan interpersonal yang baik tyaitu seperti mudah membantu orang lain dan suka beramal, dan sebagainya.
Kata kunci: Dzikir, Asmaul husna, kecerdasan emosional.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain