Skripsi
Peranan Raden Ajeng Kartini Terhadap Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Islam
Penelitianinibertujuan (1) Untukmengetahuiperanan R.A Kartinidalampendidikanperempuan. (2) Untukmengetahuikonseppendidikanperempuandalamprepsektiislam. (3) Untukmengetahuirelevansiperanan R.A KartinitentangpendidikanperempuandalamPERSPEKTIFIslam .
Penelitianinipadadasarnnyauntukmemperolehgambaranmengenaikonsepperanan R.A KartiniterhadappendidikanperempuandalamPERSPEKTIF Islam denganmenggunakanpendekatankepustakaan.
Penelitianinimenggunakankajianpustaka (Study Literature) yaknimencaridanmengumpulkan data atauinformasidenganbantuanbermacam-macam material yang tercapaidiruangperpustakaan yang berhubungandenganmateri yang kami angkat.
Dalambahasanini, konsepkeselarasanperspektif R.A Kartinidalambidangpendidikandanpendidikan Islam yang penulismaksudadalahpendidikanislam yang mengarahkepadaprinsip-prinsipkebebasandandemokrasidalampendidikan yang mana dalampelaksanaanataupraktikpendidikantidakmembeda-bedakansuku, ras, kaya, miskin, jeniskelamindansebagainya. Semuanyamemilikihakdankesempatan yang samadalambelajarantaralaki-lakidanperempuan.
Penelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwadalampendidikan Islam,pengembanganpotensipesertadidikdapatdilakukanmelalui proses pendidikan yang mampumengantarpesertadidikmenjadihamba Allah dankhalifah Allah di mukabumidengantetapberpegangteguhpadanilai-nilaiilahiyyah.pendidikan Islam memberikankebebasankepadasiapapun (laki-lakimaupunperempuan) untukmemperolehpendidikan, kebebasan yang diberikankepadamanusiadapatmenyelamatkandiridarisegalamacambentuktekanan, paksaandansegalamacamnya.
Kata Kunci: Relevansi,peranan R.A Kartini, pendidikanperempuan,perspektifislamdanpendekatankepustakaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain