Skripsi
Korelasi Kegiatan Kepramukaan Dengan Motivasi Belajar Dan Kareakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Mts Negeri Kalibeber Kelas Viii Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan Kepramukaan yang ada dalam satuan pendidikan dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Dimana pendidikan Kepramukaan ini diwajibkan bagi peserta didik di pendidikan dasar sampai menengah, sehingga mereka yang masih duduk di bangku pendidikan dasar sampai menengah dipastikan akan mengikuti kegiatan-kegiatan Kepramukaan disekolahnya. Setiap kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan memiliki tujuan yang diharapkan dapat diterima dan diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari seperti kegiatan-kegiatan yang mampu membentuk karakter maupun ketrampilan peserta didik. Selain itu kegiatan Kepramukaan biasanya dilaksanakan di alam bebas, materi-materi yang diajarkan di Kepramukaan juga banyak diterapkan di alam bebas. Sementara itu di sekolah terdapat juga pelajaran yang membahas tentang alam yaitu Ilmu Pengetahuan Alam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kegiatan Kepramukaan dengan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, ada atau tidaknya hubungan antara kegiatan Kepramukaan dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan hubungan antara motivasi belajar dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel dalam penelitian. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Negeri Kalibeber kelas 8 tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah populasi 173 peserta didik dan jumlah sample 43 peserta didik yaitu 25% dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuisoner. Metode dokumentasi untuk mengetahui informasi mengenai guru, peserta didik, dan sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Metode kuisoner digunakan untuk memperoleh data mengenai kegitan Kepramukaan, motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam, karakter peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam.
Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment dengan taraf signifikan 5%, diperoleh nilai untuk korelasi antara kegiatan Kepramukaan dengan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam rhitung = 0,560 > rtabel = 0,301. hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kegiatan Kepramukaan dengan motivasi belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kemudian diperoleh nilai untuk korelasi antara kegiatan Kepramukaan dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam rhitung = 0,639 > rtabel = 0,301. hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kegiatan Kepramukaan dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. selanjutnya diperoleh nilai untuk korelasi antara motivasi belajar dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam rhitung = 0,734 > rtabel = 0,301. hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan karakter peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Kata Kunci: Kegiatan Kepramukaan, Motivasi Belajar, Karakter,
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain