Skripsi
Efektifitas penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pai di SMP negeri 1 Kaliwiro Kabupaten Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwiro, untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwiro, untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwiro, dan untuk mengetahui upaya sekolah dalam mengatasi penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwiro.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian psikologi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.
Kesimpulannya adalah 1. Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwiro tahun pelajaran 2014/ 2015 meliputi tiga kegiatan pokok, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 2. Berdasarkan klasifikasi skor angket diketahui bahwa tingkat penerapan pendekatan saintifik dan pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwiro adalah tinggi. Tingginya tingkat penerapan pendekatan saintifik akan sejalan dengan tingginya tingkat pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Faktor pendukung penerpan pendekatan saintifik kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwiro antara lain: 1. Kualifikasi pendidikan guru, 2. Kemandirian siswa,3. Sarana-prasarana yang memadai, 4. Dana yang cukup, 5. Kerjasama orang tua yang baik, 5. Lingkungan masyarakat yang kooperatif. Faktor penghambat: Keberagaman karakter siswa, Belum ada buku pegangan siswa yang didistribusikan dari pemerintah, Cara penilaian yang rumit. Upaya yang dilakukan sekolah diantaranya guru harus memiliki semangat tinggi dan pantang menyerah dalam memberikan rangsangan-rangsangan kepada peserta didik sehingga akan melahirkan respon-respon yang baik dari pembelajaran PAI. Sekolah memberikan solusi dalam pengadaan buku siswa dengan cara memberi subsidi yang bersumber dari dana BOS baik penggandaan yang nantinya dapat dipinjamkan kepada siswa. Penilaian otentik yang dianggap masih sulit karena merupakan hal yang baru, sekolah memberikan tugas kepada Tim yang bertanggung jawab dalam mengelola penilaian, baik nilai harian sampai nilai raport peserta didik.
Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI, Kurikulum 2013
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain