UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pembentukan Karakter Kreatif Pada Diri Anak Melalui Model Pembelajaran Bersiklus (Studi Kasus Di Sd Negeri Sawangan Kelas Iv Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo) Tahun Pelajaran 2014/2015

Endah Nuraeni - Nama Orang;

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan Agama Islam. Problematika dan indicator kemandegan yang selama ini menghantui pendidikan Islam adalah hal dalam penerapan metode dalam proses pembelajaran. Jika metode-metode tradisional yang membosankan masih tetap diterapkan dalam pendidikan Agama Islam maka indikasinya adalah timbul rasa tidak simpati peserta didik terhadap guru agama, tidak tertarik dengan materi agama dan lama-kelamaan akan timbul rasa acuh terhadap agamanya sendiri.
Penulisan skripsi tersebut bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran bersiklus di SD Negeri I Sawangan kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan harapan akan membentuk karakter kreatif pada anak didik dalam antusiasnya mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulakan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi partisipan, sedangkan analisisnya penulis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Analisisnya menggunakan diskriptif kualitatif yaitu berupa data tertulis atau lisan dari orang dan pengamatan kegiatan pembelajaran. Penulis juga menganalisis hasil pembelajaran sehingga mengetahui efektifitas dalam pembelajaran tersebut.
Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa pembentukan karakter kreatif pada diri anak melalui model pembelajaran bersiklus dilakukan dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Sebelum kegiatan penerapan model pembelajaran bersiklus, proses pembelajaran kurang menarik, kemudian setelah diterapkan siklus I pembelajaran belum ada kekompakan dalam kelompok, siklus II mulai nampak pembentukan karakter kreatif anak dalm mengikuti pembelajaran yang berlangsung, siklus III anak mulai terbiasa dan tidak canggung menampakkan karakter kreatifnya dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci: Karakter, Kreatif, Pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4074 END p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembentukan karakter anak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Endah Nuraeni
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?