Skripsi
Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran ipa tema tempat hidup tumbuhan dan hewan melalui penerapan metode index card match (icm) pada siswa kelas ii mi ma'arif kalibeber kec. Mojotengah kab. Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015
Kata kunci : Peningkaan Prestasi belajar, Index Card Match (ICM), IPA.
Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Ma’arif Kalibeber Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tema tempat hidup tumbuhan dan hewan dengan metode index card match. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode index card match dalam pembelajaran IPA tema tempat hidup tumbuhan dan hewan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Ma’arif Kalibeber, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015?.
Guna menjawab pertanyaaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi tempat hidup tumbuhan dan hewan. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Standar nilai ketuntasan minimal 75 % dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru dan Siswa Kelas II MI Ma’arif Kalibeber yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13 laki- laki dan 15 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode index card match pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode index card match yang tepat akan mampu meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan penelitian ini prestasi belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil pra siklus yaitu rata-rata kelas 66,43 atau 53,57%. Pada Siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata 70,00 atau 64,28%. Berdasarkan hasil dari siklus I dilanjutkan ke siklus II, adapun hasil siklus II prestasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata kelas 86,43 atau 92, 86%. Secara keseluruhan ketuntasan belajar siswa mencapai peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi awal.
Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan model pembelajaran index card match pada pembelajaran IPA dikarenakan metode tersebut memang berhasil untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain