Skripsi
Pembelajaran fisika melalui media kartu kwartet guna peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa (studi kasus pembelajaran usaha dan energi di mts ma'arif selomerto kab. Wonosobo tahun 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas VIII di MTs Ma’arif selomerto tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen, sampelnya 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Dokumentasi digunakan untuk melihat obyek penelitian. Tes digunakan untuk mengetahui nilai data awal dan hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan media pembelajaran kartu kwartet. Metode angket digunakan untuk melihat motivasi belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kelas control sesudah diberikan perlakuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif.
Dari uji hipotesis, diperoleh hasil penelitian bahwa thitung motivasi belajar sedangkan ttabel dengan taraf kesalahan relatif 5% dan ttabel dengan taraf kesalahan relatif 1% untuk thitung prestasi belajar siswa sebesar sedangkan ttabel dengan taraf kesalahan relatif 5% dan ttabel denga taraf kesalahan relatif 1% . Karena thitung motivasi belajar dan thitung prestasi belajar lebih besar dari ttabel maka disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui media kartu kwartet dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi usaha dan energi di Mts Ma’arif selomerto tahun pelajaran 2016/2017. Kemudian Dilanjutkan dengan uji gain untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori peningkatan tinggi dengan nilai dan untuk kelas kontrol termasuk dalam kategori peningkatan sedang sebesar
Kata kunci : media kartu kwartet, motivasi belajar dan prestasi belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain