Skripsi
Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Malaikat Kelas 1 Mi Ma'arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode bernyayi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat di kelas I MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa mata pelajara Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat dengan penerapan metode bernyanyi di kelas I MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode bernyayi terhadap prestasi belajar siswa siswa mata pelajara Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat di kelas I MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis meliputi analisis pendahuluan dan analisis uji hipotesis “t tes”. Analisis pendahuluan dengan menyusun pendahuluan pre test dan post test siswa . Setelah menganalisis hasil pre test dan post test kemudian untuk mengetahui taraf signifikasi digunakan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Efektivitas penerapan metode bernyanyi cukup baik, terbukti dengan nilai rata-rata pre test sebesar 55,7. (2) Peningkatan prestasi belajar kelas I MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat digolongkan dlm kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 73. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kelas I MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015 antara nilai pre test dan post test. Dilihat dari kriteria ketuntasan minimal dari 46% menjadi 80,8% meningkat sebesar 34,8%. Berdasarkan perhitungan analisis diatas data dengan menggunakan rumus ttest di atas, diperoleh nilai sebesar 7,03. Sesuai dengan hasil analisis dan kriteria kesepakatan, dapat dilihat bahwa thitung = 7,03. Harga tersebut kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan N= 26, diperoleh ttabel sebesar 2,056. Hasil ini menunjukkan thitung > ttabel. Kemudian dikonsultasikn dengan ttabel pada taraf signifikasi 1% dengan N=26, diperoleh ttabel sebesar 2,707. Hasil ini menunjukkan bahwa 7,03> 2,056 maupun 3,707. Maka dari itu, didasarkan pada perhitungan di atas, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Metode Bernyanyi, Aqidah Akhlak, Prestasi Belajar ..
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain