Skripsi
Integrasi Kultur Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa Smp Islam Satria Madukara
Tengah di Wonosobo, November 2015.
Seiring dengan perkembangan zaman, budaya dalam dunia pendidikan mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan dan perkembangan manusia, karena kebudayaan merupakan wahana dimana anak – anak untuk pertama kali dan seterusnya mengalami proses pembelajaran menjadi manusia melalaui realisasinya dengan sesama. Sehingga pendidikan pesantren sebagai media pengkader pemikir sekaligus pengendali moral Agama ( centre of Exxcelent ) mencetak sumber daya manusia dan sebagai lembaga yang yang melakukan pemberdayaan.
Berangkat dari inilah penulis kemudian ingin membahasnya dalam penelitian dengan mengambil judul integrasi kultur pesantren dalam meningktakan akhlak siswa SMP Islam Satria Madukara. Dengan tujuan untuk mengetahui terintegrasinya sistem kultur pesantren yang terdapat pada SMP Islam Satria Madukara, sehingga dapat membentuk akhlak yang berkualitas. Untuk pengumpulan data menggunakan metode bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian uji keabsahaanya dengan tiranggulasi data dan dianalisis melalui analisis deskriptif induktif sehigga ditemukan data mengenai integrasi kultur pesantren dalam meningkatkan kualitas Akhlak Siwa SMP Islam Satria Madukara. Hasil dari analisis dalam penulisan skripsi ini adalah integrasi kultur pesantren sebgai bentuk peningkatan kuitalitas akhlak,yakni dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas keilmuan agama, kesopanan , kedisplinan, qonaah, dan kesederhanaan. Faktor pendukung intergasi kultur pesantren adalah terdapatnya siswa yang mukim, keikhlasan, keistiqomahan, dan kedisiplinan. sedangkan penghambatnya adalah latar belakang siswa yang berbeda – beda, daerah yang berbeda, latar belakang keluarga yang berbeda dan psikologi siswa yang berbeda pula.
Kata Kunci: Integrasi ,Kultur Pesantren, Akhlak Siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain