Skripsi
Peran TPQ Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur'an Di Tpq Muhammadiyah Sawal Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara Tahun 2014
Target pembelajaran baca tulis al-Qur’an dengan metode Iqra’ adalah santri mampu membaca al-Qur’an secara tartil sesuai dengan kaidah tajwid yang telah dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad Saw. Proses pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan buku Iqra’ yaitu menggunakan pedoman atau buku Iqra’ secara intensif yakni 4 bulan diharapkan santri mampu menamatkan Iqra’ jilid 1-6. Dimana proses pelaksanaannya menggunakan dua model yaitu, klasikal dan kelompok. Perbedaan antara pengajaran dengan dua model yaitu klasikal dan kelompok. Perbedaan antara pengajaran dengan menggunakan buku Iqra’ terletak pada sistem dan metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran TPQ dalam upaya meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an di TPQ Muhammadiyah Sawal Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara Tahun 2014.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan analisis jawaban diperoleh jumlah nilai rata-rata dari seluruh responden sebesar 68,82. Dengan demikian dapat diartikan bahwa peran taman pendidikan Al Qur’an termasuk baik, sebab nilai rata-rata yang diperoleh responden masuk dalam kriteria baik. Selanjutnya berdasarkan analisis jawaban tentang kualitas baca tulis Al Qur’an santri yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,15. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kualitas baca tulis Al Qur’an santri termasuk baik, sebab nilai rata-rata yang diperoleh responden seimbang dan masuk dalam kriteria baik. Analisis korelasi product moment menunjukan ada hubungan antara peran taman pendidikan Al Qur’an terhadap peningkatan kualitas baca tulis Al Qur’an santri di TPQ Muhammadiyah Sawal sebesar 0,781. Hasil korelasi tersebut apabila dikonsultasikan dengan rtabel product moment pada taraf signifikasi 1% dengan N = 50 diperoleh angka sebersar 0,361, dan pada taraf signifikasi 5% dengan N = 50 diperoleh angka sebersar 0,279, maka rhitung > rtabel baik untuk taraf signifikasi 1% dan 5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran taman pendidikan Al Qur’an terhadap peningkatan kualitas baca tulis Al Qur’an peserta didik di TPQ Muhammadiyah Sawal Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara Tahun 2014.
Kata kunci : Peran TPQ, Kualitas Baca Tulis al-Qur’an.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain